Tuesday 3 January 2012

Sejarah C++

1.Sejarah C++

Sejak tahun 1980, bahasa C banyak digunakan pemrogram di Eropa yang sebelumnya menggunakan bahasa B dan BCPL (Basic Combined Programming Language). Dalam perkembangannya, bahasa C menjadi bahasa paling populer diantara bahasa lainnya, seperti PASCAL, BASIC, FORTRAN.

Tahun 1989, dunia pemrograman C mengalami peristiwa penting dengan dikeluarkannya standar bahasa C oleh American National Standards institute (ANSI). Bahasa C yang diciptakan Kerninghan & Ritchie kemudian dikenal dengan nama ANSI C.

Mulai awal tahun 1990, Bjorne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C. Pada tahun 1985, lahirlah secara resmi bahasa baru hasil pengembangan C yang dikenal dengan nama C++.


2.C dan C++

Bahasa C dan C++ merupakan bahasa yang sangat populer dalam dunia perangkat lunak. Kedua bahasa ini digolongkan ke dalam bahasa tingkat menengah (middle level language). Sisi lain, yaitu sisi akademis, seorang profesor yang bernama Niklaus Wirth di Politeknik Zurich, Swiss, mengembangkan bahasa tingkat tinggi (high level language) yang disebut dengan bahasa Pascal dari itu, di lingkungan akademis bahasa Pascal lebih populer dibandingkan bahasa C dan C++. Berikut ini pengelompokkan tingkatan dari bahasa pemrograman.


Dari tabel tersebut dapat dilihat bahwa bahasa pemrograman yang terdapat pada bagian paling atas merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah
untuk dipahami. Sebagai contoh, C adalah bahasa yang lebih sulit dibandungkan C++ dan C++ adalah bahasa yang lebih sulit dibandingkan dengan bahasa Java, dan seterusnya.

Semenjak dikembangkan, bahasa C dan C++ banyak digunakan untuk mengembangkan program-program aplikasi di bidang telekomunikasi, finansial, atau bisnis dan sistem operasi. Bahkan sampai saat ini, pembuatan progam-program untuk permainan komputer (game) sebagian besar masih menggunakan bahasa
C/C++.

Menurut Bjarne Stroustrup, alasan mengapa C diambil sebagai bahasa dasar dari pembentukan bahasa C++ adalah sebagai berikut :

Dapat dihubungkan dengan bahasa tingkat rendah
Berjalan di manapun dan untuk masalah apapun
Berjalan dalam Sistem Operasi UNIX

No comments:

Post a Comment